SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SD Negeri Margolelo
Tahun Pelajaran :
2014/2015
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Alokasi Waktu :
10 x 30 menit
Standar Kompetensi :
1. Memahami hubungan antara
ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.1. Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak,
bebek) dan lingkungan hidupnya
|
Ciri-ciri khusus
makhluk hidup
A.
Ciri ciri khusus
beberapa jenis hewan
|
o Kerja keras
o Kreatif
o Mandiri
o Rasa ingin tahu
|
o
Memahami peta konsep
tentang makhluk hidup
o Mempelajari ciri khusus :
-
Alat pendeteksi
benda pada kelelawar (ekolokasi)
-
Kaki lengket
pada cecak dan tokek.
-
Lidah yang
panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
-
Punuk pada unta.
-
Mata dan
pendengaran yang tajam pada burung hantu.
-
Semburan air
ikan pemanah.
-
Mempelajari
Bentuk sederhana bunga karang (koral).
|
o Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk
memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di
sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di
sekitarnya (sonar)
|
Tugas
Individu
|
Laporan
|
Tugas 1.1
Hlm.3
Tugas 1.2
Hlm.4
Tugas 1.3
Hlm.5
Tugas 1.4
Hlm.8
|
4 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Buku atau
majalah
|
1.2. Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan
pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
|
Ciri-ciri khusus
makhluk hidup
B.
Ciri ciri khusus
beberapa tumbuhan
|
o Kerja keras
o Kreatif
o Mandiri
o Rasa ingin tahu
|
o
Memahami peta
konsep tentang makhluk hidup
o
Mempelajari
rongga udara pada teratai
o
Mempelajari
kantung semar dan venus si pemakan serangga.
o
Mempelajari bau
busuk bunga rafflesia
o
Mempelajari
batang penyimpan air pada kaktus.
|
o
Memberi contoh
tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya
teratai.
o
Mendeskripsikan
ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
o
Mengaitkan
antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan
hidupnya.
|
Tugas
Individu
|
Uraian Objektif
|
Tugas 1.5
Hlm.9
Tugas 1.6
Hlm.10
Tugas 1.7
Hlm.11
Latihan soal
Uji kompetensi
|
6 jp
|
Sumber:
Buku SAINS SD
Kelas VI
Alat:
-
Buku atau
majalah
|
Menyetujui
Kepala Sekolah SD Negeri Margolelo
(SATOTO, S.Pd. )
NIP : 19640829
198405 1 002
|
Margolelo, 7 Juli
2014
Guru Kelas VI
(TRI SADONO,
S.Pd. SD. )
NIP: 19810726
200903 1 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar