The Most Popular Traffic Exchange

Selasa, 22 Juli 2014

RPP Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VI Semester 1



 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )

Nama Sekolah     :   SD Negeri Margolelo
Mata Pelajaran    :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester  :   VI (Enam) / 1  
Tanggal Pelaksanaan :......................................................


A.      Standar Kompetensi
1.         Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.

B.       Kompetensi Dasar
1.1.   Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah Indonesia

C.      Alokasi Waktu    :           18 x 35 menit

D.      Indikator
1.    Kognitif
a)   Proses
*   Menjelaskan tentang perkembangan system administrasi wilayah Indonesia.
*   Menunjukan perkembangan sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
*   Membandingkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga

b)   Produk
*   Dapat menjelaskan tentang perkembangan system administrasi wilayah Indonesia.
*   Dapat menunjukan perkembangan sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
*   Dapat membandingkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga

2.    Psikomotor
Secara berkelompok siswa membuat soal, membaca materi, mendiskusikannya  untuk dipertanyakan, serta diajukan dalam proses belajar mengajar.

3.    Afektif
Karakter  :  Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

E.       Tujuan Pembelajaran
1.    Kognitif
a)   Proses
Kepada peserta didik diberikan berbagai macam referensi perkembangan system administrasi wilayah Indonesia, dilanjutkan dengan bertanya kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran tersebut.

b)   Produk
*   Siswa dapat menjelaskan tentang perkembangan system administrasi wilayah Indonesia.

2.    Afektif.
a)   Karakter
Peserta didik mampu menunjukkan prilaku disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun, jujur, dan ketelitian dalam melakukan kegiatan belajar mengajar

b)   Keterampilan Sosial
Selama proses belajar mengajar berlangsung peserta didik dapat menunjukkkan keterampilan sosial seperti bertanya, mendengarkan pendapat orang lain, menerima saran dan kritik, serta berkomunikasi dengan baik.

F.       Materi Pokok
*   Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia

G.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1-6
1.    Kegiatan awal
a)    Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)   Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran

2.    Kegiatan inti
a)   Eksplorasi
§  Menjelaskan tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
§  Tanya jawab tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
§  Menunjukkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
§  Mengamati peta / atlas, globe setelah itu menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut
§  Membandingkan perkembangan sistem administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
§  Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
§  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
b)   Elaborasi
§  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain       untuk   memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan  bertindak tanpa rasa takut;
§  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan   kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
c)    Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup
a)    Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
b)   melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c)    memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d)   merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;

H.      Alat Dan Sumber Bahan
*   Peta
*   Globe
*   Buku yang relevan

I.         Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1.    Prosedur Penilaian
a)   Penilaian Kognitif
§  Jenis         :   Kuis, tugas individu, ulangan harian
§  Bentuk     :   Uraian, pilihan ganda dan isian

b)   Penilaian Afektif
§  Bentuk     :    Lembar Pengamatan Sikap

2.    Instrumen Penilaian  :          Terlampir

3.    Program Tindak Lanjut:
a)   Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
§  Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
§  Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas.
§  Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas.
b)   Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
§  Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).



Menyetujui
Kepala Sekolah SD Negeri Margolelo






(SATOTO, S.Pd. )
NIP : 19640829 198405 1 002




Margolelo,                           2014
Guru Kelas VI






(TRI SADONO, S.Pd. SD. )
NIP: 19810726 200903 1 004




Tidak ada komentar:

Posting Komentar