Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Nama Sekolah : SD
Negeri Margolelo
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI
(Enam) / 1
Tanggal Pelaksanaan
:......................................................
A.
Standar Kompetensi
1.
Memahami perkembangan wilayah Indonesia
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta
benua-benua.
B.
Kompetensi Dasar
1.1. Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah Indonesia
C. Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
D. Indikator
1.
Kognitif
a) Proses



b) Produk



2.
Psikomotor
Secara berkelompok siswa membuat
soal, membaca materi, mendiskusikannya
untuk dipertanyakan, serta diajukan dalam proses belajar mengajar.
3.
Afektif
Karakter : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence
) , Jujur ( fairnes ) dan Ketelitian ( carefulness)
E. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a) Proses
Kepada peserta didik
diberikan berbagai macam referensi perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia, dilanjutkan dengan bertanya kepada peserta didik mengenai materi
pembelajaran tersebut.
b)
Produk

2.
Afektif.
a)
Karakter
Peserta didik mampu
menunjukkan prilaku disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun, jujur, dan
ketelitian dalam melakukan kegiatan belajar mengajar
b) Keterampilan Sosial
Selama proses belajar mengajar berlangsung peserta didik dapat menunjukkkan
keterampilan sosial seperti bertanya, mendengarkan pendapat orang lain, menerima
saran dan kritik, serta berkomunikasi dengan baik.
F. Materi
Pokok

G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1-6
1.
Kegiatan awal
a)
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama,
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
b)
Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
2.
Kegiatan inti
a) Eksplorasi
§
Menjelaskan tentang perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
§
Tanya jawab tentang perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
§
Menunjukkan perkembangan sistem administrasi
wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
§
Mengamati peta / atlas, globe setelah itu
menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut
§
Membandingkan perkembangan sistem
administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
§
Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan
sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
§
melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
§
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
b)
Elaborasi
§
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
§
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
§
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
§
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§
memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
§
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
§
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan
dan rasa percaya diri peserta didik.
c)
Konfirmasi
§
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
§
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
a)
Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
b)
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
c)
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
d)
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik;
H. Alat
Dan Sumber Bahan



I.
Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1.
Prosedur Penilaian
a)
Penilaian Kognitif
§ Jenis : Kuis, tugas individu, ulangan harian
§ Bentuk : Uraian, pilihan ganda dan isian
b) Penilaian Afektif
§ Bentuk : Lembar
Pengamatan Sikap
2. Instrumen Penilaian : Terlampir
3. Program Tindak Lanjut:
a) Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
§ Mengikuti program
pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi
(menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
§ Memberikan tugas yang
berkaitan dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas.
§ Melakukan uji pemahaman
ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum
tuntas.
b) Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
§ Memberikan program
pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan
memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali
penyelesaian soal-soal).
Menyetujui
Kepala Sekolah SD Negeri Margolelo
(SATOTO, S.Pd. )
NIP : 19640829
198405 1 002
|
|
Margolelo, 2014
Guru Kelas VI
(TRI SADONO,
S.Pd. SD. )
NIP: 19810726
200903 1 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar