The Most Popular Traffic Exchange

Selasa, 22 Juli 2014

RPP Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI Semester 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah     :   SD Negeri Margolelo
Mata Pelajaran    :   Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester  :   VI (Enam) / 1  
Tanggal Pelaksanaan :......................................................


A.      Standar Kompetensi     
1.         Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

B.       Kompetensi Dasar
1.1.   Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

C.      Alokasi Waktu      :   4 x 45 menit

D.    Indikator
1.    Kognitif
a)   Proses
*   Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
*   Mempelajari ciri khusus mahluk hidup

b)   Produk
*   Dapat memahami peta konsep tentang makhluk hidup
*   Dapat mempelajari ciri khusus mahluk hidup

2.    Psikomotor
Secara berkelompok siswa membuat soal, membaca materi, mendiskusikannya  untuk dipertanyakan, serta diajukan dalam proses belajar mengajar.

3.    Afektif
Karakter  :  Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

E.     Tujuan Pembelajaran
1.    Kognitif
a)   Proses
Kepada peserta didik diberikan berbagai macam referensi mengenai cirri-ciri khusus beberapa jenis hewan, dilanjutkan dengan bertanya kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran tersebut.


b)   Produk
*   Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
*   Siswa dapat Mempelajari ciri khusus :
ü Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
ü Kaki lengket pada cecak dan tokek.
ü Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
ü Punuk pada unta.
ü Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
ü Semburan air ikan pemanah.
ü Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).

2.    Afektif.
a)   Karakter
Peserta didik mampu menunjukkan prilaku disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab dan ketelitian dalam melakukan kegiatan belajar mengajar

b)   Keterampilan Sosial
Selama proses belajar mengajar berlangsung peserta didik dapat menunjukkkan keterampilan sosial seperti bertanya, mendengarkan pendapat orang lain, menerima saran dan kritik, serta berkomunikasi dengan baik.

F.       Materi Essensial
*   Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan.

G.      Metode Pembelajaran
*   Ceramah

H.      Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1


1.        Kegiatan Awal
a)    Menyampaikan Tujuan Pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan


(5      menit)
2.        Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
§  Siswa dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
§  Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
ü  Memancarkan bunyi dari mulutnya,
ü  bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,
ü  selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
§  Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
§  Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
§  Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
§  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

b)   Elaborasi
§  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan
§  maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

c)    Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

 (5 menit)
3.        Penutup
Memberikan kesimpulan
a)    Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
b)   Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
c)    Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.


(5 menit)

Pertemuan ke-2


1.        Kegiatan Awal
a)     Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(5 menit)

2.        Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
§  Siswa dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
§  Mempelajari Punuk pada unta.
ü Unta ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
ü Punuk berisi lemakuntuk menyimpan cairan
ü Unta tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran
§  Mempelajari matapendengaran yang tajam pada burung hantu.
§  Kedua mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur
§  Pendengaran nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.
ü Mempelajari Semburan air ikan pemanah.
§  Menyemburkan air pada hewan yang sedang bergantung
ü Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).
§  Menempel didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.
ü Sisi tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air
§  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

b)   Elaborasi
§  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja
§  individual maupun kelompok;

c)      Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan


(50 menit)
3.        Penutup
a)    Memberikan kesimpulan :
ü Unta memiliki punuk untuk menyimpan lemak
ü Burung hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
ü Ikan pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
b)   Bunga karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa

(5 menit)

I.         Media Belajar
*   Buku  SAINS SD Relevan Kelas VI
*   Buku atau majalah

J.        Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1.    Prosedur Penilaian
a)   Penilaian Kognitif
§  Jenis         :   Kuis, tugas individu, ulangan harian
§  Bentuk     :   Uraian, pilihan ganda dan isian


b)   Penilaian Afektif
§  Bentuk     :    Lembar Pengamatan Sikap

c)    Penilaian Psikomotorik    :           Terlampir

2.    Instrumen Penilaian  :          Terlampir

3.    Program Tindak Lanjut:
a)   Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
§  Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
§  Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas.
§  Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas.
b)   Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
§  Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
§   
Menyetujui
Kepala Sekolah SD Negeri Margolelo






(SATOTO, S.Pd. )
NIP : 19640829 198405 1 002




Margolelo,                           2014
Guru Kelas VI






(TRI SADONO, S.Pd. SD. )
NIP: 19810726 200903 1 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar