RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SD
Negeri Margolelo
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas / Semester : VI
(Enam) / 1
Tanggal Pelaksanaan :......................................................
A. Standar Kompetensi
1.
Memahami hubungan antara ciri-ciri
makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
B. Kompetensi Dasar
1.1.
Mendeskripsikan hubungan antara
ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
C. Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
D. Indikator
1.
Kognitif
a) Proses


b) Produk


2.
Psikomotor
Secara berkelompok siswa membuat
soal, membaca materi, mendiskusikannya
untuk dipertanyakan, serta diajukan dalam proses belajar mengajar.
3.
Afektif
Karakter : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian (respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab
(responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
E. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a) Proses
Kepada peserta didik
diberikan berbagai macam referensi mengenai cirri-ciri khusus beberapa jenis
hewan, dilanjutkan dengan bertanya kepada peserta didik mengenai materi
pembelajaran tersebut.
b)
Produk


ü Alat
pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
ü Kaki
lengket pada cecak dan tokek.
ü Lidah
yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
ü Punuk
pada unta.
ü Mata
dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.
ü Semburan
air ikan pemanah.
ü Mempelajari
Bentuk sederhana bunga karang (koral).
2.
Afektif.
a)
Karakter
Peserta didik mampu
menunjukkan prilaku disiplin, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab
dan ketelitian dalam melakukan kegiatan belajar mengajar
b) Keterampilan Sosial
Selama proses belajar mengajar berlangsung peserta didik dapat menunjukkkan
keterampilan sosial seperti bertanya, mendengarkan pendapat orang lain,
menerima saran dan kritik, serta berkomunikasi dengan baik.
F. Materi Essensial

G. Metode Pembelajaran

H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
|
|
1.
Kegiatan Awal
a) Menyampaikan Tujuan Pembelajaran
dan kompetensi yang diharapkan
|
(5
menit)
|
2.
Kegiatan Inti
a)
Eksplorasi
§
Siswa
dapat Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
§
Mempelajari
alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
ü Memancarkan bunyi dari mulutnya,
ü bunyi tersebut akan dipantulkan
oleh benda disekitarnya,
ü selanjutnya kelelawar dapat
memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
§
Mempelajari
Kaki lengket pada cecak dan tokek.
§
Telapak
kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
§
Mempelajari
Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut
§
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ memfasilitasi peserta didik
melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
b)
Elaborasi
§
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
§ memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan
§
maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
c)
Konfirmasi
§
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(5 menit)
|
3.
Penutup
Memberikan
kesimpulan
a)
Kelelawar
mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
b)
Cecak
dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
c) Bunglon dan landak semut menangkap
mangsanya dengan lidah.
|
(5 menit)
|
Pertemuan ke-2
|
|
1.
Kegiatan Awal
a)
Mengulang materi pertemuan sebelumnya
|
(5 menit)
|
2.
Kegiatan Inti
a)
Eksplorasi
§
Siswa
dapat Menagih tugas pertemuan sebelumnya
§
Mempelajari
Punuk pada unta.
ü
Unta
ada yang memiliki satu punuk dan ada yang dua punuk
ü
Punuk
berisi lemakuntuk menyimpan cairan
ü
Unta
tidak berkeringat, dan hanya sedikit mengeluarkan kotoran
§ Mempelajari matapendengaran yang
tajam pada burung hantu.
§
Kedua
mata burung terletak di bagian depan kepala, memiliki leher yang lentur
§
Pendengaran
nya sangat tajam untuk menentukan lokasi mangsanya.
ü
Mempelajari
Semburan air ikan pemanah.
§
Menyemburkan
air pada hewan yang sedang bergantung
ü
Mempelajari
Bentuk sederhana bunga karang (koral).
§
Menempel
didasar laut dan menunggu datangnya mangsa.
ü
Sisi
tubuh bunga karang mempunyai lubang halus tempat masuknya air
§
Melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
b)
Elaborasi
§
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
§
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja
§
individual
maupun kelompok;
c)
Konfirmasi
§
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
(50 menit)
|
3.
Penutup
a)
Memberikan
kesimpulan :
ü
Unta
memiliki punuk untuk menyimpan lemak
ü
Burung
hantu menggunakan mata dan telinga untuk mecari mangsa
ü
Ikan
pemanah menyemburkan air untuk menangkap mangsanya.
b)
Bunga
karang enempel di dasar laut dan menunggu datangnya mangsa
|
(5 menit)
|
I.
Media
Belajar


J.
Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1.
Prosedur Penilaian
a)
Penilaian Kognitif
§ Jenis : Kuis, tugas individu, ulangan harian
§ Bentuk : Uraian, pilihan ganda dan isian
b) Penilaian Afektif
§ Bentuk : Lembar
Pengamatan Sikap
c)
Penilaian Psikomotorik : Terlampir
2. Instrumen Penilaian : Terlampir
3. Program Tindak Lanjut:
a) Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
§ Mengikuti program
pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi
(menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
§ Memberikan tugas yang berkaitan
dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas.
§ Melakukan uji pemahaman
ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum
tuntas.
b) Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
§ Memberikan program
pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan
memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali
penyelesaian soal-soal).
§
Menyetujui
Kepala Sekolah SD Negeri Margolelo
(SATOTO, S.Pd. )
NIP : 19640829
198405 1 002
|
|
Margolelo, 2014
Guru Kelas VI
(TRI SADONO,
S.Pd. SD. )
NIP: 19810726
200903 1 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar