The Most Popular Traffic Exchange

Selasa, 22 Juli 2014

RPP Matematika Kelas VI Semester 1



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )


Nama Sekolah     :   SD Negeri Margolelo
Mata Pelajaran    :   Matematika
Kelas / Semester  :   VI (Enam) / 1  
Tanggal Pelaksanaan :......................................................

A.      Standar Kompetensi      :          
1.         Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah.

B.       Kompetensi Dasar
1.1.   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK

C.      Alokasi Waktu            :   6 x 35 menit

D.      Indikator
1.    Kognitif
a)   Proses
*   Memahami pekerjaan hitung campuran
*   Mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

b)   Produk
*   Dapat memahami pekerjaan hitung campuran
*   Dapat mencari Faktor Prima Suatu Bilangan

2.    Psikomotor
Secara berkelompok siswa membuat soal, membaca materi, mendiskusikannya  untuk dipertanyakan, serta diajukan dalam proses belajar mengajar.

3.    Afektif
Karakter  :  Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence )  dan  Tanggung jawab(responsibility )

E.       Tujuan Pembelajaran
1.    Kognitif
a)   Proses
Kepada peserta didik diberikan berbagai macam referensi mengenai sifat-sifat operasi hitung dan mencari factor prima suatu bilangan, kemudian dilanjutkan dengan bertanya kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran tersebut.

b)   Produk
*   Siswa dapat melakukan pekerjaan hitung campuran
*   Siswa dapat mencari Faktor Prima Suatu Bilangan
2.    Afektif.
a)   Karakter
Peserta didik mampu menunjukkan prilaku Disiplin, Rasa hormat dan perhatian, Tekun, dan Tanggung jawab dalam melakukan kegiatan belajar mengajar

b)   Keterampilan Sosial
Selama proses belajar mengajar berlangsung peserta didik dapat menunjukkkan keterampilan sosial seperti bertanya, mendengarkan pendapat orang lain, menerima saran dan kritik, serta berkomunikasi dengan baik.

F.       Materi Pembelajaran
Operasi Hitung Bilangan  Bulat
1.     Sifat-Sifat Operasi Hitung
2.     Pengerjaan Hitung Campuran
3.     Faktorisasi Prima untuk menentukan FPB dan KPK

G.      Metode Pembelajaran
*   Games
*   Diskusi

H.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke 1(Senin, 22 Juli 2013)
1.    Kegiatan Awal
a)    Melakukan permainan berhitung bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag.

2.    Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
§  Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan definisi bilangan bulat.
b)   Elaborasi
§  Melakukan percobaan dan observasi dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
c)    Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup
a)    Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
b)   Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 2 ( Rabu, 24 Juli 2013)
1.    Kegiatan Awal
a)    Melakukan permainan berhitung bilangan bulat dari 1-60 dengan cara zig zag.
2.    Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
§  Memberikan contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif.
b)   Elaborasi
§  Melakukan diskusi tentang contoh-contoh yang sudah dikemukakan oleh siswa.
c)    Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup
a)    Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
b)   Siswa diberi tugas mengerjakan soal-soal latihan.

Pertemuan ke 3( Senin, 29 Juli 2013)
1.    Kegiatan Awal
a)    Memberikan motivasi.
b)   Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang materi sebelumnya.

2.    Kegiatan Inti
a)   Eksplorasi
§  sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB, dan   KPK
b)   Elaborasi
§  Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
c)    Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup
a)    Memberikan soal latihan untuk lebih memantapkan keterampilan siswa.
b)   Merefleksi proses dan hasil belajar.

I.         Bahan/Sumber Belajar
*   Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 6 .
*   Matematika SD untuk Kelas VI  6A Esis
*   Matematika Progesif  Teks Utama SD Kelas 6

J.        Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1.    Prosedur Penilaian
a)   Penilaian Kognitif
§  Jenis         :   Kuis, tugas individu, ulangan harian
§  Bentuk     :   Uraian, pilihan ganda dan isian

b)   Penilaian Afektif
§  Bentuk     :    Lembar Pengamatan Sikap

2.    Instrumen Penilaian  :          Terlampir

3.    Program Tindak Lanjut:
a)   Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
§  Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
§  Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas.
§  Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas.

b)   Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
§  Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).


Menyetujui
Kepala Sekolah SD Negeri Margolelo






(SATOTO, S.Pd. )
NIP : 19640829 198405 1 002




Margolelo,                           2014
Guru Kelas VI






(TRI SADONO, S.Pd. SD. )
NIP: 19810726 200903 1 004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar