The Most Popular Traffic Exchange

Selasa, 22 Juli 2014

RPP Bahasa Indonesia Kelas VI Semester 1



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )


Nama Sekolah     :   SD Negeri Margolelo
Mata Pelajaran    :   Bahasa Indonesia
Kelas / Semester  :   VI (Enam) / 1  
Tanggal Pelaksanaan :......................................................

A.      Standar Kompetansi                 
Mendengarkan
1.         Memahami tek dan cerita anak yang dibacakan

B.       Kompetensi Dasar
1.1.   Menulis hal-hal penting/ pokok dari suatu  Teks yang dibacakan/didengarkan

C.      Alokasi Waktu      :   2 X 35 menit

D.      Indikator
1.    Kognitif
a)   Proses
*   Mendengarkan  pembacaan  teks
*   Melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan  teks
*   Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
*   Meringkas teks yang didengarkan berdasarkan hal-hal penting/ pokok

b)   Produk
*   Dapat mendengarkan  pembacaan teks
*   Dapat melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan  teks
*   Dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
*   Dapat meringkas teks yang didengarkan berdasarkan hal-hal penting/ pokok

2.    Psikomotor
Secara berkelompok siswa membuat soal, membaca materi, mendiskusikannya  untuk dipertanyakan, serta diajukan dalam proses belajar mengajar.

3.    Afektif
Karakter  :  Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )

E.       Tujuan Pembelajaran    
1.    Kognitif
a)   Proses
Kepada peserta didik diberikan berbagai macam referensi mengenai teks bacaan, kemudian dilanjutkan dengan bertanya kepada peserta didik mengenai materi pembelajaran tersebut.

b)   Produk
*   Siswa dapat mendengarkan  pembacaan teks
*   Siswa dapat melengkapi    pernyataan yang sesuai dengan  teks
*   Siswa dapat menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
*   Siswa dapat meringkas teks yang didengar-kan berdasarkan hal-hal penting/ pokok

2.    Afektif.
a)   Karakter
Peserta didik mampu menunjukkan prilaku dapat dipercaya, rasa hormat dan perhatian, tekun, tanggung jawab, berani, dan  ketulusan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar

b)   Keterampilan Sosial
Selama proses belajar mengajar berlangsung peserta didik dapat menunjukkkan keterampilan sosial seperti bertanya, mendengarkan pendapat orang lain, menerima saran dan kritik, serta berkomunikasi dengan baik.

F.       Materi Pembelajaran
*   Teks Bacaan

G.      Metode Pembelajaran
*   Tanya jawab,diskusi,penugasan, /Multi metode

H.      Kegiatan Pembelajaran
1.    Kegiatan Awal      
a)   Tanya jawab tentang Materi pelajaran yang akan dipelajari
b)   Mengajukan pertanyaan tentang teks bacaan  yang akan didengar

2.    Kegiatan Inti         
a)   Eksplorasi
*   Mendengarkan pembacaan teks            
*   Melengkapi pernyatan yang sesuai dengan teks
b)   Elaborasi
*   Menentukan hal-hal penting dari teks yang didengarkan
*   Meringkas teks yang didengarkan
*   Menceritakan kembali isi teks yang didengar
c)    Konfirmasi
*   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
*   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3.    Kegiatan Penutup
a)    Tanya jawab,diskusi,penugasan
b)   Membaca  buku lain yang relevan dengan Materi pelajaran


I.         Sumber Belajar:
*   Buku Bina Bahasa Indonesia Kelas 6 A
*   KTSP

J.        Penilaian dan Program Tindak Lanjut:
1.    Prosedur Penilaian
a)   Penilaian Kognitif
§  Jenis         :   Kuis, tugas individu, ulangan harian
§  Bentuk     :   Uraian, pilihan ganda dan isian

b)   Penilaian Afektif
§  Bentuk     :    Lembar Pengamatan Sikap

2.    Instrumen Penilaian  :          Terlampir

3.    Program Tindak Lanjut:
a)   Remedial, bagi siswa yang memperoleh nilai KD < KKM :
§  Mengikuti program pembelajaran kembali dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).
§  Memberikan tugas yang berkaitan dengan indikator atau kompetensi dasar yang belum tuntas.
§  Melakukan uji pemahaman ulang (ujian perbaikan) sesuai dengan indikator/ kompetensi dasar yang belum tuntas.

b)   Pengayaan bagi siswa yang memperoleh nilai KD > KKM:
§  Memberikan program pembelajaran tambahan berupa pembahasan soal-soal yang bervariasi dengan memberikan pembahasan soal-soal uji kompetensi (menjelaskan kembali penyelesaian soal-soal).


Menyetujui
Kepala Sekolah SD Negeri Margolelo




 
(SATOTO, S.Pd. )
NIP : 19640829 198405 1 002




Margolelo,                           2014
Guru Kelas VI






(TRI SADONO, S.Pd. SD. )
NIP: 19810726 200903 1 004



Tidak ada komentar:

Posting Komentar