Maaf dalam perbaikan
Sabtu, 26 Juli 2014
PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA
PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI
WILAYAH INDONESIA
WILAYAH INDONESIA
Pada
awalnya berdiri negara kesatuan Republik Indonesia terdiri atas 8
provinsi yang ditetapkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia
(PPKI) pada tanggal 19 Agustus 1945 yaitu sebagai berikut:
1. Sumatra
2. Jawa Barat
3. Jawa Tengah
4. Jawa Timur
5. Sunda Kecil (kepulauan Nusa Tenggara)
6. Kalimantan
7. Sulawesi
8. Maluku
Perjuangan Meraih Kemerdekaan
Indonesia di Jajah Bangsa Asing
Penjajahan Belanda
Selepas Syarikat Hindia Timur Belanda (SHTB)
menjadi muflis pada akhir abad ke-18 dan selepas penguasaan United
Kingdom yang singkat di bawah Thomas Stamford Raffles, pemerintah
Belanda mengambil
alih pemilikan SHTB pada tahun 1816. Belanda berjaya menumpaskan sebuah
pemberontakan di Jawa dalam Perang Diponegoro pada tahun 1825-1830.
Selepas tahun 1830, sistem tanam paksa yang dikenali sebagai cultuurstelsel
dalam bahasa Belanda mula diamalkan. Dalam sistem ini,
para penduduk dipaksa menanam hasil-hasil perkebunan yang menjadi permintaan
pasaran dunia pada saat itu, seperti teh, kopi
dan sebagainya. Hasil-hasil tanaman itu kemudian dieksport ke luar
negara. Sistem ini memberikan kekayaan yang besar kepada para pelaksananya -
baik orang Belanda mahupun orang Indonesia. Sistem tanam paksa ini yang
merupakan monopoli
pemerintah dihapuskan pada masa yang lebih bebas selepas tahun 1870.
Pada tahun 1901, pihak Belanda
mengamalkan apa yang dipanggil mereka sebagai Politik Beretika (bahasa
Belanda: Ethische Politiek) yang termasuk perbelanjaan yang lebih
besar untuk mendidik orang-orang pribumi serta sedikit perubahan politik. Di bawah Gabenor
Jeneral J.B. van Heutsz, pemerintah
Hindia-Belanda memperpanjang tempoh penjajahan mereka secara langsung di
seluruh Hindia-Belanda, dan dengan itu mendirikan asas untuk negara Indonesia
pada saat ini.
Jumat, 25 Juli 2014
Latihan Soal IPS Kelas VI Semester 1
Latihan Soal Ulangan Formatif
Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan
Sosial
Tahun Pelajaran 2014/2015
Kelas VI
Semester 1
SD Negeri Margolelo
Kompetensi
dasar:
1.1 Mendeskripsikan perkembangan sistem Administrasi wilayah
Indonesia
Latihan Soal IPA Kelas VI Semester 1
Latihan Soal Ulangan Formatif
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Pelajaran 2014/2015
Kelas VI
Semester 1
SD Negeri Margolelo
Kompetensi
dasar:
1.1.
Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek)
dan lingkungan hidupnya
Latihan Soal Matematika Kelas VI Semester 1
Latihan Soal Ulangan Formatif
Mata
PelajaranMatematika
Tahun
Pelajaran 2014/2015
Kelas VI
Semester 1
SD Negeri
Margolelo
Kompetensi Dasar
1.1. Menggunakan sifat-sifat
operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
Rabu, 23 Juli 2014
Silabus IPS Kelas VI Semester 1
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD Negeri Margolelo
Mata Pelajaran : IPS
Tahun Pelajaran :
2014/2015
Kelas/Program : VI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok / Pembelajaran
|
Nilai Budaya
Dan Karakter Bangsa
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Sumber Belajar/ Alat
|
Alokasi Waktu
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.1 Mendeskripsikan
perkembangan sistem Administrasi wilayah Indonesia
|
§ Perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
§ Semangat
kebangsaan,
§ Cinta tanah air ,
§ Gemar membaca
|
§ Memperhatian penjelasan
guru tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
§ Mengamatai atlas/globe
|
§ Menjelaskan perkembangan
sistem administrasi wilayah Indonesia
§ Menunjukan perkembangan
sistem administrasi wlayah Indonesia dalam Peta/globe
§ Membandingkan
perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara
tetangga
|
Tertulis,
|
uraian
|
Jelaskan perkembangan sistem
administrasi wilayah Indonesia
|
Peta,
Globe,
Buku
yang relevan
|
18 x 35 menit
pert 1-6 (6 minggu)
|
1.2 membandingkan ke
nampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
|
§ Kenampakan alam dan
keadaan sosial negara-negara tetangga
|
§ Cinta tanah air ,
§ Cinta damai
§ Bersahabat
|
§ Tanya jawab tentang
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
|
§ Menunjukan tentang
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
§ Membandingkan kenampakan
alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
|
Tertulis,
|
uraian
|
Jelaskan Perbanding-an kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara
tetangga
|
Peta,
Globe,
Buku
yang relevan
|
18 x 35 menit
pert 7-12
(6 minggu)
|
1.3 Mengodentifikasi kan benua-beua
|
§ Benua-benua
|
§ Cinta damai
§ Bersahabat
|
§ Mengamati atlas/globe
§ Mendiskusikan
benua-benua
|
§ Menunjukkan benua-benua
§ Membedakan benua- benua
|
Tertulis,
|
Pengamatan
|
Gambarkan atlas/globe
|
Peta,
Globe,
Buku
yang
relevan
|
18 x 35 menit
pert 13-18 (6 minggu)
|
Menyetujui
Kepala
Sekolah
SD Negeri Margolelo
(SATOTO,
S.Pd. )
NIP :
19640829 198405 1 002
|
|
Margolelo,
7 Juli 2014
Guru
Kelas VI
(TRI
SADONO, S.Pd. SD. )
NIP:
19810726 200903 1 004
|
Langganan:
Postingan (Atom)